Gambaran Umum Kabupaten Kaur


07.46 |

Kabupaten Kaur adalah kabupaten di Provinsi Bengkulu yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Lahat di sebelah utara, Kabupaten Lampung Barat di sebelah selatan, Kabupaten OKU Propinsi Sumatera Selatan di sebelah timur, dan di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Indonesia
Kabupaten Kaur memiliki luas wilayah 236.380 ha, dengan kawasan hutan mencapai 143.568, 27 ha atau lebih kurang 60,74% dari total luas daratan yang ada. Di kabupaten ini terdapat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) seluas 66.000 ha dan Hutan Lindung Bukit Raja Mandara seluas 42.567 ha berada di sebelah utara –timur laut TNBBS. Seluruh Kawasan hutan Kaur tersebut merupakan bagian dari Lansekap BBS Kaur. Jumlah penduduk dari data terakhir yang didapatkan bahwasanya penduduk Kabupaten Kaur berjumlah ± 107.521 jiwa yang terdiri ± 56.094 jiwa laki-laki dan ± 51.427 penduduk perempuan. (BPS; 2005)
Saat ini luas lahan kritis yang ada di kabupaten kaur mencapai 1.444.432 ha yang berada di luar kawasan hutan dan 761.169 ha yang terdapat dalam kawasan hutan. (BPS;2005)
Desa-desa yang berbatasan langsung dengan TNBBS sebagian besar kondisinya masih terisolir, sementara mata pencarian masyarakat pada umumnya hidup dari sektor pertanian baik petani dilahan basah maupun lahan kering, namun secara umum masyarakat didaerah ini hidup di bawah garis kemiskinan.

Ulayat telah melakukan berbagai kegiatan di kawasan Lansekap BBS Kabupaten Kaur. Program pengelolaan terpadu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di kawasan ini. Program dimulai dengan pengkajian dan perencanaan partisipatif sebagai landasan bersama dalam pengelolaan kawasan. Dari kajian bersama masyarakat di 14 desa di Kabupaten Kaur, disadari bahwa terdapat banyak potensi sumberdaya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal.


You Might Also Like :


0 komentar: